Pdt. Arnold Bliederyus, STh

Pdt. Arnold Bliederyus, STh

Kamis, 23 September 2010

THE REPRESENTATIONAL SYSTEM BIAS TEST



Untuk setiap pernyataan berikut ini berilah nilai 4 untuk pernyataan yang paling cocok menggambarkan dirimu, 3 untuk pernyataan yang cocok menggambarkan tentang dirimu, 2 untuk pernyataan yang mendekati cocok menggambarkan dirimu, dan 1 untuk yang kurang cocok menggambarkan dirimu.

1.      Saya Membuat keputusan penting berdasarkan:
Perasaanku yang tersentuh
Yang kedengarannya paling baik.
Yang kelihatannya paling baik
Mempelajari masalah tersebut seteliti mungkin

2.      Ketika aku berdebat, saya paling mudah dipengaruhi oleh:
Tekanan suara lawan debatku
Apakah aku dapat melihat sudut pandang lawanku
Argumen logis dari lawan debatku
Bisa tidaknya aku merasakan perasaan yang sesungguhnya dari lawan debatku.

3.      Aku paling mudah mengkomunikasikan apa yang kualami melalui:
Caraku berpakaian
Mensharingkan perasaanku
Pilihan kata-kata yang kugunakan dalam percakapan.
Tekanan suaraku ketika berbicara.

4.      Adalah mudah bagi saya untuk:
Mendapatkan volume dan gelombang yang ideal ketika mendengar radio
Menseleksi point yang paling relevan dari sebuah topik yang menarik
Menyeleksi furniture yang paling menyenangkan
Menyeleksi kombinasi yang kaya warna.

5.      Saya sangat peka dengan suara-suara yang ada di sekitar saya.
Saya sangat teliti dalam memberi makna atas fakta dan data yang ada
Saya sangat sensitif dengan sentuhan pakaian yang kukenakan
Aku sangat berespon terhadap warna dan suasana ruangan yang kulihat

1.KAVD, 2 AVDK, 3 VKDA, 4. ADKV, 5. ADKV

Diterjemahkan oleh Pdt. Jaharianson Saragih.


ALAT UKUR KEPERCAYAAN PADA DIRI SENDIRI

Mohon informasi berikut diisi:
Nama                     :
Umur                     :
Jenis Kelamin        : L/P
Hari/Tanggal         :

Sesudah membaca tiap kalimat tandailah angka yang menunjukkan betapa sering persoalan itu terdapat dalam pikiran saudara. Jawablah secara jujur setiap pertanyaan itu.

Nilai          0          :           Tidak Pernah
                  1          :           Jarang
                  2          :           Kadang-kadang
                  3          :           Sering
                  4          :           Sangat sering

  1. Saya ingin orang lain, teman, dll memberi dorongan/semangat lebih banyak pada saya
Tidak Pernah   Jarang              Kadang-kadang          Sering              Sangat sering
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya rasa kegiatan di sekolah/ di rumah terlalu banyak tuntutan
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya kuatir tentang masa depan
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Banyak orang sangat tidak menyukai saya
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya kurang bersemangat dan inisiatif dibandingkan dengan orang lain
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya heran apakah semua pikiran saya norman
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya takut menertawakan diri saya sendiri
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Orang lain lebih bisa/ bagus/ cakap dari saya
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya takut berbicara dengan orang asing
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Banyak tugas/ kerjaan yang harus saya kerjakan sekaligus
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya ingin belajar bagaimana berbicara yang baik dengan orang lain
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya ingin mempunyai percaya diri yang lebih besar
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya ingin tahu bagaimana caranya agar orang sependapat/ menyetujui saya
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya terlalu rendah hati
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya suka dipuji
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya tidak suka dikritik oleh orang lain
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya malu membicarakan hal-hal pribadi pada teman/ sahabat saya
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya tidak punya teman dekat/ sahabat, dengan siapa saya dapat membicarakan hal-hal pribadi
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Orang terlalu mengharapkan saya
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Orang tidak pernah menghargai pekerjaan/ kegiatan saya
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya mudah bingung
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya rasa kebanyakan orang tak mengerti saya
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya merasa aman dalam lingkungan saya saat ini
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya sering kuatir hl-hal yang tidak perlu
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya merasa orang membicarakan saya dibelakang saya
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya merasa orang lain lebih mudah mendapatkan segalanya dibading saya
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya takut sesuatu yang tidak baik terjadi pada saya
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya memikirkan cara orang lain bersikap pada saya
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya ingin lebih mudah bergaul pada siapa saja
      0                  1                                2                          3                           4
  1. Saya memikirkan apa yang diharapkan oleh abang/kakak, teman dan orang lain diluar dan diri saya
      0                  1                                2                          3                           4



ENNEAGRAM TYPE QUIZ

Petunjuk: ini adalah test kepribadian yang menggambarkan diri saudara secara umum. Berilah tanda benar (b) untuk setiap pernyataan yang cocok dan salah (s) untuk setiap pernyataan yang tidak cocok untuk saudara

No. 1
1.      Saya berusaha keras untuk mengoreksi kesalahan saya
2.      Saya sering terganggu karena segala sesuatu tidak berjalan seperti yang saya harapkan.
3.      Saya tidak suka membuang-buang waktu.
4.      Saya sering menyalahkan diri sendiri karena gagal melakukan pekerjaan yang lebih baik.
5.      Hal-hal kecil bisa merusak keseluruhan kerja saya.
6.      Saya sulit untuk bersantai dan bercanda.
7.      Suara kritikan dan diri sendiri dan orang lain sering terngiang-ngiang dalam benakku.
8.      Agaknya aku lebih kuatir akan hidup ini dibandingkan orang lain.
9.      Agaknya keharusan buat saya untuk selalu jujur.
10.  Kadang-kadang muncul pikiran dalam benak saya, “saya adalah orang yang bersih dan benar secara moral”.
11.  Benar dan betul penting buat saya.
12.  Saya sering membayangkan bahwa waktu berjalan terlalu cepat sementara itu masih banyak pekerjaan yang belum terselesaikan.
13.  Saya menganggap bahwa saya dapat dapat diandalkan kapan saja.
14.  Mudah buat saya untuk menjadi orang yang teliti dan cermat.
15.  Saya lebih mengidentikasikan diri dengan kelompok orang yang melawan ketidakadilan/ kezaliman.
16.  Saya sering terganggu jika sesuatu berjalan/ terjadi dengan tidak fair.
17.  Agaknya keharusan buat saya untuk selalu memperbaiki diri dan kwalitas pekerjaanku.
18.  Saya merasa harus selalu sempurna/ perfect agar orang mengasihi dan hormat padaku.
19.  Saya sering merasa kecewa karena baik orang lain maupun saya sendiri acapkali tidak seperti yang diharapkan.
20.  Biasanya saya melihat segala sesuatu dari kacamata baik atau buruk, benar atau salah.

No.2
1.      Banyak orang mengharapkan pertolongan dan kebaikanku.
2.      Saya lebih bangga bisa membantu orang lain ketimbang dari pekerjaan lainnya.
3.      Saya senang orang membutuhkan saya
4.      Banyak orang merasa dekat dengan saya.
5.      Saya sering/ suka memuji orang lain.
6.      Saya suka membantu orang yang dalam kesulitan.
7.      Agaknya keharusan buat saya untuk menolong orang lain, suka atau tidak suka.
8.      Orang sering menjumpai saya untuk meminta bantuan dan nasehat.
9.      Saya sering merasa dibebani (overburdened) oleh orang-orang yang bergantung padaku.
10.  Saya merasa tidak memiliki banyak kebutuhan.
11.  Kadang-kadang saya merasa jadi korban orang lain, seolah-olah saya hanya dimanfaatkan oleh mereka.
12.  Saya senang merasa dekat kepada sesama.
13.  Kadang-kadang saya merasa orang lain tidak menghargai saya atas apa yang sudah saya perbuat.
14.  Mengasihi dan dikasihi adalah hal yang terpenting dalam hidup ini.
15.  Hal-hal yang berkaitan dengan perasaan penting buat saya.
16.  Saya merasa layak untuk diprioritaskan dalam hidup orang lain atas kebaikan yang sudah saya lakukan.
17.  Saya merasa bahwa tipeku adalah penub pengertian dan pembangun.
18.  Diwaktu senggang/libur saya suka meluangkan waktu menolong orang lain.
19.  Saya lebih sering berkomunikasi dengan teman ketimbang mereka berkomunikasi dengan saya.
20.  Saya suka memberi perhatian pada orang lain.

No. 3:
1.      Saya suka menyibukkan diri.
2.      Saya suka bekerja dalam tim dan menjadi anggota tim yang baik.
3.      Saya suka identik dengan keakuratan dan profesionalisme.
4.      Membuat segala sesuatu terorganisir rapi dan beres adalah hal yang alamiah buat saya.
5.      Sukses adalah kata yang sangat berarti bagiku.
6.      Saya suka memiliki tujuan yang jelas dalam mengerjakan sesuatu dan mengetahui dimana posisi saya.
7.      Indikator sukses seperti “progress charts” dan angka-angka keberhasilan penting buat saya.
8.      Orang lain iri atas apa keberhasilan yang saya capai.
9.      Memperlihatkan kesan sebagai  orang yang ‘penuh sukses/berhasil” adalah penting bagiku.
10.  Membuat/mengambil keputusan adalah perkara yang mudah bagi saya.
11.  Untuk mencapai kesuksesan, kadang-kadang perlu kompromi.
12.  Ketika teringat masa lalu, saya cenderung mengingat keberhasilan ketimbang kegagalan atau hal-hal yang kurang berhasil.
13.  Saya tidak suka diingatkan akan kegagalan yang pernah saya alami.
14.  Saya lebih suka terlibat dalam aspek operasional ketimbang aspek perencanaan.
15.  Saya biasanya berhasil dalam mempromosikan sebuah proyek.
16.  Kadang-kadang saya tenggelam dalam pekerjaan sampai-sampai lupa akan diri sendiri.
17.  Keyakinan saya, penampilan adalah penting.
18.  Saya merasa butuh meraup segudang keberhasilan agar orang lain memperhatikan saya.
19.  Saya cenderung bersikap tegas/ bertipe terus terang dan langsung to the point.
20.  Kesan pertama penting.

No. 4
1.      Banyak orang tidak menghargai betapa indahnya hidup ini.
2.      Saya senang bernostalgia ke masa lalu.
3.      Saya mencoba kelihatan biasa dan natural.
4.      Saya selalu tertarik kepada hal-hal yang punya arti simbolik.
5.      Orang lain tidak merasakan sedalam yang kurasakan.
6.      Orang lain cenderung kurang mampu memahami bagaimana perasaanku.
7.      Saya suka mengerjakan sesuatu dengan benar dan bersama orang lain.
8.      Lingkunganku sangat penting buat saya.
9.      Saya suka drama dan suka membayangkan diriku berada di panggung.
10.  Perilaku dan selera tinggi penting buat saya
11.  Saya tidak suka memikirkan bahwa saya adalah orang yang biasa-biasa saja.
12.  Saya bisa tenggelam dalam kesedihan karena penderitaan, kehilangan, dan kematian.
13.  Kadang kala saya kuatir bahwa merespon dengan perasaan saja tidak cukup.
14.  Agaknya saya sangat mudah terseret arus perasaan orang lain sampai-sampai lupa pada perasaan sendiri.
15.  Saya lebih terganggu dibanding orang lain dalam urusan putusnya hubungan/persahabatan
16.  saya lebih identik dengan “the tragic clown” tetap tersenyum di tengah-tengah kesedihan.
17.  Saya dituduh “dingin” dan suka menjauh.
18.  Saya merasa tidak bergairah ketika perasaan saya biasa-biasa saja.
19.  Orang cenderung mengatakan saya sangat dramatis, tetapi mereka tidak mengerti perasaan saya.
20.  Benda-benda seni dan kesenian sangat penting bagiku sebagai sarana menyalurkan perasaan.

No. 5
1.      Saya cenderung menyimpan perasaan.
2.      Saya sukamenyimpan sesuatuyang mungkin bermanfaat di kemudian hari.
3.      Saya tidak tahu bagaimana melibatkan diri dalam obrolan kecil dengan baik.
4.      Secara intelektual, saya suka menggabungkan ide-ide yang berbeda.
5.      Saya kadang-kadang merasa tidak tahu dan malu ketika orang menanyakan tentang bagaimana perasaanku.
6.      Saya butuh banyak ruang dan waktu untuk sendiri.
7.      Saya lebih suka orang lain yang mengambil inisiatif.
8.      saya lebih suka duduk diam dan mengobservasi ketimbang melibatkan diri.
9.      Saya cenderung menjadi penyendiri
10.  Tampaknya saya lebih pendiam ketimbang orang lain. orang sering bertanya tentang apa yang saya pikirkan.
11.  Saya mengalami kesulitan untuk mengutarakan apa yang saya butuhkan.
12.  Ketika masalah muncul saya lebih suka memecahkannya sendiri baru setelah itu mendiskusikannya dengan orang lain.
13.  Bersikap tegas dan berterus terang sulit buat saya.
14.  Saya mencoba memecahkan masalahku dengan berpikir sendiri.
15.  Saya suka meletakkan sesuatu dalam perspektif yang benar,dengan tidak melupakan informasi yang dibutuhkan. Seandainya ada informasi yang terlupakan, saya cenderung menuduh diri sendiri sebagai terlalu menyederhanakan masalah.
16.  Saya cenderung pelit dengan waktu, uang dan diriku sendiri.
17.  Saya sangat tidak suka kalau uangku terbuang percuma atau digunakan dengan sia-sia.
18.  Ketika saya kecewa dengan diri sendiri atau orang lain, kata-kata yang muncul dalam benakku adalah ‘bodoh’, ‘goblok’, ‘idiot’, dll.
19.  Suaraku biasanya lembut dan karena itu orang sering meminta aku mengeraskan suaraku ketika mengemukakan sesuatu. Hal yang tidak menyenangkan bagiku.
20.  Saya cenderung menjadi penerima ketimbang pemberi.

No. 6:
1.      Secara dasariah saya adalah tipe penurut.
2.      Kesetiaan kepada kelompok adalah penting buat saya.
3.      Saya mengalami kesulitan untuk menentang apa yang dikatakan “penguasa”
4.      Sebelum mengambil keputusan saya selalu menyiapkan informasi tambahan untuk memastikan bahwa saya siap.
5.      Saya butuh waktu lama untuk mengambil sikap karena saya butuh mengkaji semua opsi yang ada.
6.      Kadang-kadang saya merasa heran apakah saya cukup berani untuk melakukan apa yang harus dilakukan.
7.      Kadang-kadang saya dipenuhi keragu-raguan.
8.      Saya ingin semuanya siap sebelum mengambil tindakan.
9.      Tanpa peraturan yang ketat/keras sukar untuk mengatakan apa yang boleh dan tidak boleh orang lakukan.
10.  Saya sering mengerjakan sesuatu bukan karena hal itu merupakan tugas atau tanggungjawabku.
11.  Saya suka aturan dan batas-batas yang jelas dalam pekerjaannku.
12.  Agaknya saya lebih peka mencium bahaya dan ancaman ketimbang orang lain.
13.  Saya cenderung menentukan sikap setelah memperhatikan kemana orang lain berpihak.
14.  Saya cenderung peka dan sensitif terhadap kontradiksi yang ada.
15.  Saya lebih suka segala sesuatu segala sesuatu terjadwal ketimbang tidak.
16.  Saya sering menilai orang lain dalam hal apakah mereka menjadi ancaman buat saya atau tidak
17.  Bijaksana adalah sifat yang penting buat saya.
18.  Saya terus menerus bekerja melawan rasa takutku sendiri.
19.  Saya cenderung lebih memberi perhatian untuk membela diriku atau posisiku ketimbang orang lain.
20.  Saya suka berfantasi membayangkan diriku sebagai pahlawan atau jadi orang lain

No. 7
1.      Saya cenderung percaya kepada sesama dan motf mereka ketimbang orang lain.
2.      Hampir semua hal bisa membuat saya senang.
3.      Segala sesuatu akan berakhir dengan baik.
4.      Saya memimpikan orang lain tidak terlalu serius dalam banyak hal.
5.      Saya biasanya melihat sisi orang yang cerah dari segala sesuatu bukan sisi negatifnya.
6.      Saya suka orang melihat saya sebagai si ’gembira’
7.      Saya menyukai hampir semua orang yang saya jumpai/kenal.
8.      Saya suka bercerita.
9.      Saya suka memikirkan bahwa saya seperti anak-anak, suka bermain dan bercanda.
10.  Orang-orang sering mengatakan bahwa saya adalah bintang dalamsetiap pertemua/pesta.
11.  Saya lebih memberi perhatian kepada makna dari sebuah peristiwa ketimbang detailnya.
12.  Menurut saya, if something good, more is better.
13.  Menurut saya bersedih terlalu lama tidak baik.
14.  Saya suka membuat segala sesuatu tampak baik.
15.  Saya suka “menikmati” kehidupan (enjoy life).
16.  Saya cenderung sangat antusias akan masa depan.
17.  Saya suka membuat orang lain gembira.
18.  Saya lebih sering menghindari isu-isu yang serius.
19.  Saya cenderung berpikir sebatas permukaan ketimbang mendalam.
20.  Menurut ingatanku masa kecilku gembira.

No. 8:
1.      Saya bisa diandalkan dalam hal berjuang untuk apa yang saya ingin dapatkan.
2.      Mudah buat saya untuk melihat kelemahan orang lain dan mengemukakannya bila saya dipojokkan.
3.      Mudah buat saya untuk mengutarakan ketidakpuasan saya atas sesuatu yang terjadi.
4.      Saya tidak takut menghadapi orang lain dan saya sudah menghadapi mereka.
5.      Saya senang memperhatikan “keberanianku”.
6.      Saya bisa merasakan dimana pusat kekuasaan dan siapa yang berkuasa dalam kelompok.
7.      Saya seorang yang bertipe agresip, keras, dan tegas.
8.      Saya tahu bagaimana membereskan masalah.
9.      Saya sangat mudah bosan dan ingin terus berkreativitas.
10.  Saya mengalami kesulitan untuk memperlihatkan sisi lembut diri saya.
11.  Keadilan dan ketidakadilan adalah isu penting buat saya.
12.  Saya melindungi orang-orang yang bekerja dengan saya.
13.  Saya melihat diri saya sebagai orang yang ‘mendarat’ ketimbang di ‘awang-awang’.
14.  Secara umum, saya tidak suka melakukan introspeksi diri atau self-analysis.
15.  Saya melihat diriku sebagai non-comfromist.
16.  Saya tidak suka dipojokkan.
17.  Saya tidak suka digurui untuk melakukan pembenahan diri.
18.  Saya melihat diriku sebagai pekerja keras.
19.  Saya terganggu membiarkan sesuatu tanpa dibenahi.
20.  Saya melihat orang lain menciptakan masalah mereka sendiri.

No. 9
1.      Kebanyakan orang membiarkan masalah tanpa ada penyelesaian.
2.      Banyak hal dalam hidup ini yang sebenarnya tidak layak untuk disedihkan.
3.      Saya biasanya kalem dan tenang.
4.      Saya suka berdiam diri tanpa mengerjakan apa-apa.
5.      Secara ekstrim saya adalah orang yang easy-going.
6.      Saya tidak tahu kapan saya mengalami sulit tidur.
7.      Saya merasa bahwa orang-orang lebih memiliki persamaan ketimbang perbedaan.
8.      Tidak ada yang terlalu urgent atau harus diselesaikan hari ini, selalu ada hari esok.
9.      Secara umum, saya tidak terlalu antusias tentang banyak hal.
10.  Saya butuh dorongan semangat untuk membuat saya aktif.
11.  Saya tidak suka membuang-buang energi dalam mengerjakan sesuatu.
12.  Motto saya adalah ini: “Jangan biarkan dirimu terganggu oleh masalah”.
13.  Saya bisa menjadi penengah yang baik kerena bisa melihat sisi yang baik dari kelompok yang bertikai.
14.  Saya tidak suka bila tidak memiliki hidup yang mapan.
15.  Secara umum saya lebih mengikuti garis lunak atau anti kekerasan.
16.  Saya bangga menjadi orang yang mapan.
17.  Saya cenderung mengecilkan masalah dalam rangka mendamaikan pihak bertikai.
18.  Saya sering melihat diriku sebagai kecil atau tidak terlalu penting.
19.  Saya mengalami kesulitan untuk mendengar atau memusatkan perhatian.
20.  Saya sependapat dengan motto: “Mengapa berdiri kalau bisa duduk dan mengapa duduk kalau bisa berbaring”

Enneind.wpd
Diterjemahkan oleh Pdt. Jaka Saragih
(dengan bebas)